Selamat datang

3 hal yang akan membantu kita di akherat yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh

Rabu, 11 November 2009

NUSA KAMBANGAN

Jaman dulu, sampai dengan tahun 200an awal, kita semua mengenal pulau Nusa Kambangan sebagai kawasan hotel prodeo (penjara) bagi para penjahat kelas kakap. akhir-akhir ini, nama Nusa kambangan semakin harum setelah beberapa napi yang disebut teroris menghuni kompleks tersebut dan sebagian dieksekusi di pulau tersebut.

Di kawasan yang sama, tapi beda ujung (bagian), ternyata terdapat beberapa area yang masuk kategori sejarah bagi perjuangan bangsa ini. Sayangnya belum terawat dan menurut warga yang ada disekitar wilayah itu (sekitar Te;uk Penyu), banyak benda yang akhirnya hilang dari lokasinya, padahal benda tersebut sangat berat (tempat untuk memutar meriam). Hamparan pasir putih di pantai (walaupun pantainya tidak sebersih kawasan Bali dan lainnya) dan suasana hutan yang masih semi asli (sebagian sudah diganti dengan tanaman kebun) dan suara hewan khas hutan akan mengiringi langkah kita menjelajahi kawasan tersebut.

Untuk menuju kawasan ini, kita tinggal naik angkutan umum setelah sampai Teluk Penyu, yakni ANGKUTAN ANTAR PULAU DALAM PROPINSI, berbentuk perahu kecil dengan penyeimbang mirip sayap dikanan dan kirinya. penyeberangan tidak lama, sekitar 10an menit, tergantung kecepatan mesin perahunya. Kawasan wisata ini tentunya terpisah dengan kawasan hotel prodeo bagi para penjahat, walaupun masih dalam satu pulau.

Pembukaan kawasan Nusa kambangan ini belum lama, mungkin sekitar 3 (tiga) tahun yang lalu, sehingga belum banyak yang diubah (ditata) dengan baik. Bahkan pengelolanya pun masih warga yang membuat paguyuban peduli Nusa kambangan. Semoga pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap maupun instansi terkait lainnya segera melakukan pembenahan, sehingga aset Nusa kambangan bisa sgera dijual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar