Selamat datang

3 hal yang akan membantu kita di akherat yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh

Sabtu, 14 November 2009

latihan, latihan dan latihan

Nabi Muhammad saw dalam sebuah hadits nya menyampaikan, "Barang siapa yang ingin memperoleh kebahagiaan di dunia, maka raihlah dengan ilmu, barang siapa menginginkan bahagia di akherat, raihlah dengan ilmu dan barang siapa menginginkan bahagia di dunia dan akherat, maka raihlah dengan ilmu".

Dari sebuah hadits tersebut, jika kita renungkan, kita pelajari dan kita kaji, segala sesuatu hanya bisa dilakukan dan akan memperoleh hasilnya jika kita mengetahui dan mempelajari ilmunya. Ilmu sangat lah luas dan tidak mungkin akan habis. Semakin kita mempelajari suatu ilmu, maka semakin banyaklah ketidak tahuan kita akan ilmu tersebut. Hal ini tidak berarti menjadi penghalang bagi kita untuk tidak mempelajari ilmu, tetapi justru semakin mendorong kita agar mau lebih banyak mempelajari ilmu. Dalam hadits lainnya, nabi menyampaikan
1. "menuntut ilmu adalah wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan". Sebagai muslim, kita harus melaksanakan kewajiban tersebut sebagaimana kita melaksanakan perintah Allah yang wajib hukumnya, yakni mendirikan sholat dll. Untuk mendirikan sholat yang baik yang bisa diterima oleh Allah swt, maka kita harus mempelajarinya dengan baik, kita harus menguasai ilmu yang sesuai agar bisa mendirikan sholat sebagaimana yang diajarkan oleh nabi saw.
2. "Tuntutlah ilmu dari sejak dilahirkan (dalam buaian ibu) hingga masuk liang kubur (meninggal dunia)". Dalam istilah saat ini dikenal dengan long life education, belajar sepanjang hayat, karena pada kenyataannya, setiap saat kita memperoleh pelajaran tanpa kita sadari dari lingkungan kita masing-masing. Kita bisa belajar dengan keluarga, alam, tetangga, teman-teman, sejarah bahkan tumbuhan dan hewan yang ada disekitar kita.
3."Tuntutlah ilmu walaupun sampai di negeri Cina". Makna yang terkandung bukan hanya secara tekstual, tetapi lebih mengarah kepada dunia yang lebih luas. Kita tidak perlu takut untuk mencari ilmu walaupun harus meninggalkan kampung halaman, menyeberang pulau, mengarungi samudra, antar benua bahkan ke planet lain jika memungkinkan kita datangi.

Untuk mencapai kebahagiaan di dunia, orang tua tidak perlu memberikan warisan harta benda yang melimpah keada anak-anaknya, karena harta benda yang ada jika digunakan makin lama makin berkurang bahkan lama kelamaan akan habis. Tapi jika orang tua memberikan warisan ilmu, maka ilmu itu jika digunakan makin lama makin bertambah (berlawanan dengan harta benda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar